Kamis, 24 Mei 2012

sosiologi


Sosiologi
è Ilmu yang mempelajari tentang struktur sosial, proses-proses sosial serta perubahan sosial.

STRUKTUR SOSIAL
è keseluruhan jaringan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu norma-norma sosial, lembaga-lembaga sosial, dan lapisan-lapisan sosial.

PROSES SOSIAL
è pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama.

PERUBAHAN SOSIAL
è perubahan yang terjadi dalam struktur sosial.


Ciri-ciri sosiologi :
1. Bersifat empiris  
à sosiologi dalam mengkaji masyarakat berdasarkan hasil observas tidak spekulatif

2. Bersifat teoritis
è yang menyusun abstraksi dan hasil observasi. Abstraksi adalah kerangka unsur-unsur yang di dapat dari observasi dan disusun secara logis serta memiliki tujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat.
3. Bersifat nonetis
è sosiologi bukan berupaya mencari baik dan buruknya fakta sosial, tetapi berusaha menjelaskan fakta tersebut secara analitis.

4. Bersifat kumulatif
è Teori sosiologi umumnya dibentuk berdasarkan teori-toeri yang telah ada sebelumnya dalam arti memperbaiki, memperluas, memperhalus, maupun memformulasikan teori sebelumnya.



Tujuan sosiologi
è  meningkatkan daya dan kemampuan manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya.



Hakikat Sosiologi
a. Sosiologi merupakan ilmu sosial yang mempelajari gejala kemasyarakatan, bukanlah ilmu pengetahuan alam atau ilmu kerohanian.
b. Sosiologi adalah suatu disiplin yang kategoris, bukanlah disiplin normatif. Artinya sosiologi membatasi diri dengan apa yang terjadi dan bukan pada apa yang harusnya terjadi.
c. Sosiologi merupakan ilmu yang murni dan bukan ilmu terapan. Karena tujuan utama pure science adalah membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak, bukan ilmu pengetahuan terapan atau terpakai serta yang diperhatikan adalah pola dan peristiwa yang terjadi di masyarakat

d. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan abstrak dan bukan konkret. Artinya yang diperhatikan adalah bentuk dan pola peristiwa dalam masyarakat.

e. Sosiologi bertujuan untuk menghasilkan pengertian dan pola umum. Sosiologi meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip atau hokum umum dari interaksi antarmanusia dan perihal sifat, hakikat, isi, dan struktur masyarakat manusia.

f. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional. Ciri ini menyangkut soal metode yang dipergunakan selanjutnya.

g. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang umum dan bukan merupakan ilmu pengetahuan yang khusus. Artinya, sosiologi mempelajari gejala umum yang ada pada setiap interaksi antarmanusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar