HASIL WAWANCARA
Pewawancara : 1. Dinda Ayu P.S
2. Risty Nur Annisa
Kelas : XI.IA 5
Narasumber : Ibu Hastikarini.Ssn
(koordinator kantin kejujuran)
Topik : Perkembangan Kantin
kejujuran
SEKOLAH MENENGAH ATAS
Negeri 5 Palembang
2011
NASKAH PIDATO
Seperti yang
kita ketahui kantin kejujuran merupakan salah satu kantin yang berada di SMA
Negeri 5 Palembang. Kantin ini merupakan salah satu kantin yang baru-baru ini
didirikan di SMA Negeri 5 Palembang. Letaknya pun cukup strategis untuk di
jangkau oleh para konsumen seperti guru-guru dan para siswa.
Risty (P) : Assalamualaikum, ibu.
Dinda (N) : Waalaikumussallam.
Risty (P) : Apa kabar ibu?
Dinda (N) : Baik, nak.
Risty (P) : Alhamdullilah kalau seperti itu
ibuk
Risty (P) : Melihat dari
didirikannya kantin kejujuran ini sebenarnya apa latar belakang berdirinya
kantin kejujuran itu sendiri, bu?
Dinda (N) : Latar belakangnya agar menumbuhkan rasa jujur dalam diri
anak-anak, apalagi dalam masa pubertas
anak-anak sendiri sikapnya masih belum stabil dan masih mementingkan ego nya
masing-masing.
Risty (P) : Oh jadi sangat baik sekali ya didirikan katin ini,
kemudian ide kreatif mendirikan kantin ini siapa yang mempelopori berdinya
kantin kejujuran ini, bu?
Dinda (N) : Ya yang mempeloporinya itu adalah
bapak kepala sekolah yaitu pak agus.
Risty (P) : Tentunya bapak sangat memikirkan sekali ya buk tentang
ide ini, selanjutnya ibu tujuan didirikannya kantin kejujuran ini sendiri apa,
bu?
Dinda (N) : Ya seperti yang saya katakan tadi kantin ini didirikan
untuk melatih anak berbuat jujur, selain itu juga untuk mempermudah anak
membelih makanan saat istirahat, dan juga untuk mendapatkan untung.
Risty (P) : Tujuan yang memang baik ya ibuk, sebenarnyam berapa
modal utama yang dikeluarkan untuk mendirikan kantin kejujuran ini, bu?
Dinda (N) : Sebenarnya untuk mendirikan ini kami tidak memakai modal
dari sekolah, barang-barang yang ada di sini merupakan barang-barang yang
dipinjamkan dari disneyland. Kemudian hasil dari penjualan akan kami bayarkan
namun setiap penjualan pasti ada untung jadi untungnya itu kami simpan.
Risty (P) : Apakah modal tersebut sudah
kembali?
Dinda (N) : Tentunya sudah, modal tersebut berbentuk hasil penjualanan
yang kami bayarkan ke pihak disneyland namun untung tetap kami simpan.
Dinda (P) : Kemudian ibu kantin kejujuran ini pasti dikelolah jadi siapa
saja yang bertugas di kantin kejujuran ini, bu?
Risty (N) : Petugasnya ada ibu selaku koordinator, ada ibu Riris, dan
ibu Junini.
Dinda (P) : Sejauh ini Bagaimana perkembangan kantin kejujuran ini,
bu?
Risty (N) : Perkembangannya sangat bagus yah, dibuktikan dengan
untung yanng kami dapat kemudian kami gunakan untuk membeli despenser yang ada
di ruang guru dan kulkas pendingin.
Dinda (P) : Mengapa kantin kejujuran ini tidak di biarkan saja, maksud
tidak di jaga bu?
Risty (N) : Yah kalau tidak istirahat tentunya di biarkan saja, tapi
kalau sedang istirahat pasti jaga karena suasana ramai sehingga mencegah
perbuatan atau niat-niat yang tidak jujur seperti itu.
Dinda (P) : Apa saja produk yang di jual di kantin ini ibu?
Risty (N) : Yah sudah lumayan banyak yah, ada gorengan, momogi dan
makanan ringan lain ada juga produk-produk dari sosro, indofood, aqua, dll.
Dinda (P) : pertanyaan yang terakhir ibu, bagaimana harapan ibu
keddepannya untuk kantin kejujuran ini?
Risty (N) : Harapan nya yah agar kantin kejujuran ini tetap berdiri
dan makin maju kemudian sesuai dengan tujuannya semoga dengan didirikannya
kantin ini siswa-siswa termotivasi untuk berbuat jujur.
Dinda (P) : Baiklah ibu terima kasih atas informasinya.
Risty (N) : Sama-sama nak
KESIMPULAN
Bahwa kantin
kejujuran merupakan salah satu kantin yang didirikan dengan tujuan untuk
menumbuhkan rasa jujur dalam diri anak-anak. Dan juga kantin ini pertama kalii dipelopori
oleh bapak Kepala sekolah yaitu bapak Agus Budiyanto. Selain menumbuhkan rasa
jujur kantin ini juga cukup bagus dijadikan lahan bisnis karena perkembangan
nya yang baik, hal itu pun tentunya terwujud
atas partisipasi para siswa dan kerjasama para guru. Tidak hanya narasumber
yang berharap bahwa kantin kejujuran akan maju terus nahkan kita juga berharap
bahwa kantin kejujuran berkembang dengan baik.
Mengetahui, Palembang,
13 Oktober 2011
Narasumber
Pewawancara
Hastikarini,
Ssn Dinda
Ayu Risty Nur Annisa
bagus sekali artikelnya :D maaf saya mengambil pertanyaan dikit2 buat tugas b.indo
BalasHapusnice :)
BalasHapus