Kamis, 24 Mei 2012

menulis hasil wawancara


HASIL WAWANCARA

Pewawancara   : 1. Dinda Ayu P.S
                                                            2. Risty Nur Annisa
                             Kelas                             : XI.IA 5
                             Narasumber      : Ibu Hastikarini.Ssn
                                                             (koordinator kantin kejujuran)
                             Topik                   : Perkembangan Kantin kejujuran



SEKOLAH MENENGAH ATAS
Negeri 5 Palembang
2011
NASKAH PIDATO
Seperti yang kita ketahui kantin kejujuran merupakan salah satu kantin yang berada di SMA Negeri 5 Palembang. Kantin ini merupakan salah satu kantin yang baru-baru ini didirikan di SMA Negeri 5 Palembang. Letaknya pun cukup strategis untuk di jangkau oleh para konsumen seperti guru-guru dan para siswa.
Risty (P)           : Assalamualaikum, ibu.
Dinda (N)         : Waalaikumussallam.
Risty (P)           : Apa kabar ibu?
Dinda (N)         : Baik, nak.
Risty (P)           : Alhamdullilah kalau seperti itu ibuk 
Risty (P)           :  Melihat dari didirikannya kantin kejujuran ini sebenarnya apa latar belakang berdirinya kantin kejujuran itu sendiri, bu?
Dinda (N)         : Latar belakangnya agar menumbuhkan rasa jujur dalam diri anak-anak, apalagi   dalam masa pubertas anak-anak sendiri sikapnya masih belum stabil dan masih mementingkan ego nya masing-masing.
Risty (P)           : Oh jadi sangat baik sekali ya didirikan katin ini, kemudian ide kreatif mendirikan kantin ini siapa yang mempelopori berdinya kantin kejujuran ini, bu?
Dinda (N)         : Ya yang mempeloporinya itu adalah bapak kepala sekolah yaitu pak agus.
Risty (P)           : Tentunya bapak sangat memikirkan sekali ya buk tentang ide ini, selanjutnya ibu tujuan didirikannya kantin kejujuran ini sendiri apa, bu?
Dinda (N)         : Ya seperti yang saya katakan tadi kantin ini didirikan untuk melatih anak berbuat jujur, selain itu juga untuk mempermudah anak membelih makanan saat istirahat, dan juga untuk mendapatkan untung.
Risty (P)           : Tujuan yang memang baik ya ibuk, sebenarnyam berapa modal utama yang dikeluarkan untuk mendirikan kantin kejujuran ini, bu?
Dinda (N)         : Sebenarnya untuk mendirikan ini kami tidak memakai modal dari sekolah, barang-barang yang ada di sini merupakan barang-barang yang dipinjamkan dari disneyland. Kemudian hasil dari penjualan akan kami bayarkan namun setiap penjualan pasti ada untung jadi untungnya itu kami simpan.
Risty (P)           : Apakah modal tersebut sudah kembali?
Dinda (N)         : Tentunya sudah, modal tersebut berbentuk hasil penjualanan yang kami bayarkan ke pihak disneyland namun untung tetap kami simpan.
Dinda (P)         : Kemudian ibu kantin kejujuran ini pasti dikelolah jadi siapa saja yang bertugas di kantin kejujuran ini, bu?
Risty (N)          : Petugasnya ada ibu selaku koordinator, ada ibu Riris, dan ibu Junini.
Dinda (P)         : Sejauh ini Bagaimana perkembangan kantin kejujuran ini, bu?
Risty (N)          : Perkembangannya sangat bagus yah, dibuktikan dengan untung yanng kami dapat kemudian kami gunakan untuk membeli despenser yang ada di ruang guru dan kulkas pendingin.
Dinda (P)         : Mengapa kantin kejujuran ini tidak di biarkan saja, maksud tidak di jaga bu?
Risty (N)          : Yah kalau tidak istirahat tentunya di biarkan saja, tapi kalau sedang istirahat pasti jaga karena suasana ramai sehingga mencegah perbuatan atau niat-niat yang tidak jujur seperti itu.
Dinda (P)         : Apa saja produk yang di jual di kantin ini ibu?
Risty (N)          : Yah sudah lumayan banyak yah, ada gorengan, momogi dan makanan ringan lain ada juga produk-produk dari sosro, indofood, aqua, dll.
Dinda (P)         : pertanyaan yang terakhir ibu, bagaimana harapan ibu keddepannya untuk kantin kejujuran ini?
Risty (N)          : Harapan nya yah agar kantin kejujuran ini tetap berdiri dan makin maju kemudian sesuai dengan tujuannya semoga dengan didirikannya kantin ini siswa-siswa termotivasi untuk berbuat jujur.
Dinda (P)         : Baiklah ibu terima kasih atas informasinya.
Risty (N)          : Sama-sama nak





KESIMPULAN
Bahwa kantin kejujuran merupakan salah satu kantin yang didirikan dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa jujur dalam diri anak-anak. Dan juga kantin ini pertama kalii dipelopori oleh bapak Kepala sekolah yaitu bapak Agus Budiyanto. Selain menumbuhkan rasa jujur kantin ini juga cukup bagus dijadikan lahan bisnis karena perkembangan nya yang baik, hal itu pun  tentunya terwujud atas partisipasi para siswa dan kerjasama para guru. Tidak hanya narasumber yang berharap bahwa kantin kejujuran akan maju terus nahkan kita juga berharap bahwa kantin kejujuran berkembang dengan baik.











Mengetahui,                                                                           Palembang, 13 Oktober 2011
Narasumber                                                                                        Pewawancara
                                                             


Hastikarini, Ssn                                                                       Dinda Ayu        Risty Nur Annisa


2 komentar: