Minggu, 20 November 2011

gejala flu burung

Gejala pada Manusia

June 5, 2008 – 3:41 am Gejala pada Manusia
Virus Flu Burung yang pada awalnya diketahui hanya bisa menular antar sesama unggas, menciptakan mutasi baru yang dapat juga menyerang manusia. Mutasi virus ini dapat menginfeksi manusia yang berkontak langsung dengan sekresi unggas yang terinfeksi. Manusia yang memiliki resiko tinggi tertular adalah anak-anak, karena memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah, pekerja peternakan unggas, penjual dan penjamah unggas, serta pemilik unggas peliharaan rumahan.
Masa inkubasi virus adalah 1-7 hari dimana setelah itu muncul gejala-gejala seseorang terkena flu burung adalah dengan menunjukkan ciri-ciri berikut :
  1. Menderita ISPA
  2. Timbulnya demam tinggi (> 38 derajat Celcius)
  3. Sakit tenggorokan yang tiba-tiba
  4. Batuk, mengeluarkan ingus, nyeri otot
  5. Sakit kepala
  6. Lemas mendadak
  7. Timbulnya radang paru-paru (pneumonia) yang bila tidak mendapatkan penanganan tepat dapat menyebabkan kematian
Mengingat gejala Flu burung mirip dengan flu biasa, maka tidak ada yang bisa membedakan flu burung dan flu biasa. Jika ada penderita yang batuk, pilek dan demam yang tidak kunjung turun, maka disarankan untuk segera mengunjungi dokter atau rumah sakit terdekat.
Penderita yang diduga mengidap virus Flu burung disebut penderita suspect flu burung dimana penderita pernah mengunjungi peternakan yang berada di daerah yang terjangkit flu burung, atau bekerja dalam laboratorium yang sedang meneliti kasus flu burung, atau berkontak dengan unggas dalam waktu beberapa hari terakhir.
Kasus probable adalah kasus dimana pasien suspek mendapatkan hasil tes laboratorium yang terbatas hanya mengarah pada hasil penelitian bahwa virus yang diderita adalah virus jenis A, atau pasien meninggal karena pneumonia gagal.
Sedangkan kasus kompermasi adalah kasus suspek atau probable dimana telah didukung dengan hasil pemeriksaan laboratorium yang menunjukkan bahwa virus flu yang diderita adalah positif jenis H5N1, PCR influenza H5 positif dan peningkatan antibody H5 membesar 4 kalinya.
Namun, gejala yang dimunculkan oleh virus H5N1 ini berbeda-beda dimana ada kasus seorang anak laki-laki yang terinfeksi virus H5N1 yang mengalami diare parah dan diikuti dengan koma panjang tanpa mengalami gejala-gejala seperti influenza, oleh karena itu pemeriksaan secara medis penting dilakukan terutama bila mendapati timbulnya gejala penyakit yang tidak wajar.
  1. 15 Responses to “Gejala pada Manusia”

  2. karena virus AI ini masalah yg sangat serius, tolong dong program penanganannya dikoalisikan! jgn turunnya per instansi! gabung dong! agar sasaran dan dana lebih bisa hebat lagi dan cepat tercapai pada target(masyarakat) khususnya indonesia. yg saya tau program ini banyak yg menjalankan, seperti PMI, Dinas Kesehatan dan yg lainnya, coba kalo digabung kita bersama2. perlu diperhatikan itu!!!thanks klo pesan ini didengar dan aplikasikan!
    By dhay on Feb 13, 2009
  3. mau tanya yang detail donk ciri2 flu burung?
    selain demam, pusing , mual, ada gak pengaruh sakit kepunggung?
    By teti on Jun 16, 2009
  4. assw…mau tanya donk..msh ada gak sih flu burung itu??
    akhir2 ini saya jd fobia dengan kotoran burung yg nempel di mobil saya, mobil-mobil parkir yg saya lewati diparkiran & ditempat lain..
    saya jd merasa baju,tas ataupun kepala saya apabila terlalu dekat dengan kotoran itu saya asumsikan saya tersentuh dan saya selalu membersihkan bekas2 yg saya asumsikan tersentuh karena saya takut terkena kemana-mana..
    Apakah kotoran burung liar yg menempel dimana-mana itu akan menyebabkan flu burung terhadap manusia yg tersentuh??
    tolong infonya yg lengkap..
    terima kasih..
    – jawab –
    yang perlu diutamakan adalah selalu menjaga kebersihan tangan, selalu cuci tangan, sedikit kemungkinan tertular fluburung apabila area yang anda tinggal tidak ada kasus fluburung
    By Ghea on Jun 23, 2009
  5. Sy bgung ni,sy plg dr jakarta sabtu pagi,trz soreN sy jamu telor ayam mentah g pke madu n jeruk nipis.Tp shari kmudian dada sy ad rasa gatal n demam,trz batuk,pilek,gara2 mkn g teratur q pun diare.Dh q ksh obt flu,emg demam turun,tp itu cm selang q stlh minum obt,ntr demamN kmbli lg,sdh 4hr ini sy demam,apkah sy terkena flu burung y?Pdhl q g pernh kntk lgsg dg unggas,cm kmrn z q mkn tlor aym menth tanpa madu n jeruk nipis.Di lingkungan sy jg tdk ad tnda2 unggas mati mendadak.Mhon jawabanN,THANKS..
    By Alex on Jun 30, 2009
  6. bisa ga flu burung menular pada manusia dg memakan unggas yg terjangkit, misalnya ayam goreng gitu..
    aq kemarin ga sngaja makan ayam g0reng yg d dalemx ada merah2nya kaya darah gt.. takutnya itu ayam tiren..
    By rhiez.all on Jul 10, 2009
  7. Mav . . . . Saya bru pertma x pelihara burung . . . Tepatny burung hantu . . 4bln ni bAik2 aja. Tp kmaren saya terkaget burung hantu saya ‘sakit’ saya liat ga ada gejala Flu burung seperti yg dsebutkan . . .
    Gejala yg di alami owL saya : – lemas – nafsu makan b’kurang – cakar yg biasa cengkram makanan jrang dpakai – dia nunduk terus kaya Lesu n sakit . . . Saya tkt dy knapa2 – kadang dia b’lagak kaya hilang kseimbangan n jatoh . . Lemas n gak bergerak . .2 hari ni gak cerima . Thx bgt
    By Rey on Jul 19, 2009
  8. bagaimana tempat pemotongan ayam bila ada dekat daerah pemukiman , sepertinya pemerintah mengabaikan terutama di KOTA BANDUNG
    By lucky on Jul 28, 2009
  9. tass…tolong saya…tolong dgn sangat….beberapa pekan ini tetangga sebelah rmh saya beternak ayam, dimana anatara rumah saya dgn tetangga tersebut tidak terhalang oleh dinding apapun. beberapa hari yang lalu anak sya sakit demam, suami demam dan flu, saya sakit tenggorokan, melihat keadaan ini hati ini jadi miris sekali, jadi fobia terus adanya flu burung. bau kotoranny sering tercium banget ke dalam rmh saya, kotoran hewannyapun setiap hari mengotori pekarangan belakang rmh saya. giaman ini…mau negur ke tetangga tsb ga enak, krn beliau sesepuh di daerah temapat tinggal saya sedangkan saya cuman pendatang. tolong kasih saran saya secepatnya…krn gara2 kejadian ini saya terpisah dgn anak saya yg diungsikan dulu ke mertua saya. saya hanya bisa bertemu beberpa kali dalam seminggu.tolong ada yg bisa mem-forward keluahasaya ini. kirim ke email saya. terimakasih banyak sebelumnya kepada pihak yg mau membantu….
    By sekar on Aug 9, 2009
  10. mohon pencerahannya! Hidung saya tersumbat, dan agak sesak napas! kemudian pergelangan kaki saya agak terasa pegal, dan kemarin perut saya sempat kembung namun sekarang sudah tidak (kembung)! tapi saya tidak demam, tidak pusing, dan tidak batuk ataupun sakit tenggorokan! apakah ini juga termasuk gejala flu burung? tolong segera dijawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar